baja ringan yang bagus

5 Keunggulan Atap Baja Ringan

by

Atap baja ringan kini menjadi primadona dalam dunia konstruksi dan properti. Sehingga penggunaan baja konvensional dan kayu sebagai rangka bangunan mulai ditinggalkan. Berikut ini berbagai kelebihan baja ringan.

  1. Kekuatan Tegangan Tariknya Tinggi

Tensile strength atau tegangan tarik baja ringan lebih tinggi mencapai 550 Mpa. Sedangkan baja konvensional hanya 300 Mpa saja. Jadi meskipun ringan tapi memiliki sifat lentur, sehingga dapat menyerap energi dengan jumlah besar. Kalau material kayu sifatnya getas serta gampang hancur. Dengan tegangan yang kuat itu, maka atap dari baja ringan lebih stabil untuk diapliaksikan pada bangunan, dan kuat menahah reruntuhan.

  1. Metode Pemasangan Yang Efisien Dan Mudah

Biaya pengerjaan dan waktu pemasangannya lebih hemat. Bobot yang lebih ringan sangat memudahkan proses konstruksinya. Sistem sambungannya juga tidak rumit, sehingga mempercepat dalam pemasanagnnya. Setiap sambungan cukup dipasangi keling, baut, skrup atau dilas. Metode ini juga menjadikan rangka baja ringan gampang dirangkai bersama material lainnya seperti kayu bahkan beton.

  1. Lebih Fleksibel Untuk Berbagai Model Atap

Anda leluasa membentuk rangka baja ringan untuk berbagai model atap. Supaya menjamin kekuatannya, maka pastikan jarak pemasangan antar rangka. Semakin rapat maka semakin bagus, karena akan semakin kuat. Sangat dianjurkan untuk tingkat kerenggangan antar satu baja ringan dengan lainnya hanya 150 centimeter.

  1. Material Baja Ringan Anti Karat

Penerapan atap metal ini tidak hanya mencegah serangan rayap saja, tapi juga memiliki sifat anti karat. Jadi anda semakin menghemat pengeluaran untuk perawatan. Sebab tidak perlu dilakukan pengecatan atau model finishing lainnya.

  1. Daya Tahan Lebih Panjang

Sekilas ketebalan atap dari baja ringan mirip dengan material seng, tetapi lebih tebal. Selain itu, daya tahannya juga lebih panjang. Oleh karena, rangka atapnya tidak gampang menyusut atau lapuk yang diakibatkan oleh paparan cuaca. Jadi atap bangunan akan lebih awet, sehingga tidak harus sering menggantinya.

Nah, penting ketika membeli rangka baja ringan. Pilihlah yang tidak terlalu lentur dan tidak terlalu ringan. Tipe baja ringan galvanine lebih baik kualitasnya, daripada jenis zincalume atau spandek. Hal ini juga tentu saja sangat mempengaruhi terhadap harga genteng metal multiroof.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *